"Tingginya kepercayaan pengguna ponsel yang mempercayakan urusan komunikasi selularnya kepada Telkomsel tergambar dari angka pertumbuhan pelanggan yang sangat fantastis yakni lebih dari 10 juta pelanggan hanya dalam 8 bulan sepanjang 2008 ini, dimana akhir tahun 2007 hanya 47,8 juta pelanggan," ujar GM Corporate Communication Telkomsel Azis Fuedi di Jakarta, Kamis (4/9/2008).
Dengan penambahan 10 juta ini, Telkomsel kini dipercaya melayani 58 juta pelanggan atau lebih dari 50 persen pengguna selular di Indonesia. Dari jumlah tersebut, kartu prabayar simPATI memberikan kontrubusi tertinggi yakni sekitar 35,5 juta pelanggan disusul Kartu As 21 juta dan sisanya kartuHALO.
Di sepanjang tahun 2007, pertumbuhan pelanggan Telkomsel mencapai 12,2 juta pelanggan baru atau rata-rata tiap bulannya bertambah 1 juta, sehingga di akhir 2007 jumlahnya menjadi 47,8 juta pelanggan dari sebelumnya 35,6 juta di tahun 2006. Dan saat ini dengan jumlah pelanggan 58 juta berarti meningkat 2.231 persen dibanding jumlah di awal beroperasi tahun 1995 yang hanya 26.000 pelanggan.
Dengan jumlah pelanggan 58 juta pelanggan, saat ini tarfik SMS perharinya sekitar 300 juta SMS. Dengan kapasitas SMS Telkomsel mencapai 43.000 SMS/detik terbesar setelah China, maka kenaikan trafik yang akan terjadi dengan diberlakukannya SMS GRATIS pada pukul 00.00 - 06.00 waktu setempat, diperkirakan akan tetap terlayani dengan baik dan pelanggan tetap nyaman baik komunikasi SMS maupun suara.
Saat ini 58 juta pelanggan Telkomsel dilayani lebih dari 24.000 BTS dan 500.000 titik pelayanan seperti GraPARI, geraiHALO, kiosHALO, outlet dealer, retail nasional dan m-Kios. Untuk terus meningkatkan mutu layanan di tahun 2008, Telkomsel menginvestasikan USD1,7 miliar (sekira Rp15 triliun) untuk memperluas coverage, kualitas jaringan dan new business (mobile wallet dan multimedia termasuk mobile broadband).
Ke depan industri telekomunikasi akan menunju arah yang lebih maju, baik dalam hal jumlah pelanggan, coverage, maupun teknologi. Hal ini mengingat Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan dengan kondisi geografis negara kepulauan yang luasnya 1,9 juta km persegi dengan angka penetrasi selular masih kecil sekitar 40 persen dari 240 juta penduduk. Bahkan 63 persen penduduk merupakan usia muda produktif yang merupakan kalangan dengan 'senses of technology' yang tinggi dan antusiasme terhadap perkembangan teknologi yang sangat besar.
Dari perkiraan pertumbuhan pelanggan baru 2008 sekitar 20 juta, Telkomsel menargetkan bisa melayani 50 persen dari jumlah tersebut yakni paling tidak 12 juta pelanggan baru. Tahun 2008 pertumbuhan pelanggan diperkirakan masih akan didominasi pelanggan di luar Jawa untuk kategori new customer� dimana pemenuhan high growth dengan pembangunan BTS baru. Di Jawa masih akan tumbuh, tetapi tidak sebesar di luar pulau Jawa dimana kebutuhan layanan selular di Jawa cenderung ke arah fitur dan layanan.
Motivasi | Cerpen | Puisi | Kata Bijak By Khafi
0 comments:
Post a Comment